Ditemukan, Gunung Berapi di Palung Sunda

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ditemukan, Gunung Berapi di Palung Sunda

Post  Admin on Tue Sep 07, 2010 11:35 pm

Sabtu, 30/05/2009 - 06:31

JAKARTA, (PRLM).- Para ahli masih terus melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kepastian penemuan gunung berapi di Palung Sunda, barat daya Sumatra, 330 km dari Bengkulu di kedalaman 5.900 meter. Puncak gunung tersebut di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut, dan memiliki diameter 50 km.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan geologi, Bandung menilai penemuan gunung api
setinggi 4.600 meter oleh para pakar geologi Indonesia dan sejumlah negara asing itu merupakan gunung api terbesar di Indonesia. Sebagai perbandingan, Gunung Kerinci yang tingginya sekitar 3.800 meter dan Gunung Semeru sekitar 3.600 meter.

Kepala PVMBG Badan Geologi Bandung, Surono mengatakan, kalau gunung tersebut memang benar gunung api, maka gunung baru itu merupakan gunung api terbesar di Indonesia. Pihaknya juga masih meneliti mulai dari tingkat keaktifan magmanya sampai memantau lubang pada bagian atasnya sebagai tempat untuk keluar letusan dan lainnya.

Bila gunung itu merupakan gunung merapi, maka sangat berbahaya jika meletus karena gunung yang berada di tengah laut itu bisa menimbulkan gelombang besar di permukaan laut, bahkan tsunami. Oleh karena itu perlu ada perhatian serius dari pemerintah untuk mengantisipasi hal itu.

"Para peneliti juga harus melakukan pengawasan dan pemantauan mengenai kondisi gunung tersebut. Serta membuat peta rawan bencana di sekitar gunung itu, sehingga dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya, seperti dikutip "Antrara".

Sebelumnya, Riset Kelautan BPPT, LIPI, Departemen ESDM dan CGGVeritas serta IPG (Institut de Physique du Globe) Paris menemukan adanya gunung api raksasa bawah laut dengan diameter mencapai 50km dan tinggi sampai 4.600 meter di 330km arah barat Kota Bengkulu.

"Gunung api ini sangat besar dan tinggi. Di daratan Indonesia tak ada gunung setinggi ini kecuali Gunung Jayawijaya di Papua," kata Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam, BPPT, Yusuf Surachman.

Gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api. "Bagaimana pun gunung api bawah laut sangat berbahaya jika meletus," katanya. (A-147)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/90352

Admin
Admin

Jumlah posting : 7
Join date : 01.09.10

Lihat profil user http://wanayasa.forumid.net

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik